Langsung ke konten utama

Sukses Gelar Latihan Kader 1, Ketua Umum Komisariat Madani: Jadikan Komisariat sebagai Laboratorium Intelektual

Pengurus dan Kader Komisariat Madani Pasca LK/ Lapmimalang

Malang, LAPMI - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Madani Korkom Nasional, ITN Malang  menggelar basic training latihan kader (LK-1). Kegiatan ini di Villa Bukit Telekung Batu, sejak Jumat – Minggu (9-11/6/2023). Basic training latihan kader 1 (LK1) mengusung tema  “terbinanya kepribadian muslim yang berkualitas akademis, sadar akan fungsi dan peranannya dalam berorganisasi serta hak dan kewajiban sebagai kader umat dan kader bangsa”. Kegiatan tersebut diikuti oleh 17 peserta sudah termasuk peserta titipan dari komisariat Jabal Thareeq. Training yang dilakukan tentunya memuat 2 unsur yaitu keislaman dan ke-Indonesiaan.

Latihan Kader I  (LK 1) ini diikuti oleh angkatan 2021 dan 2022. Ardany Malikal Fauzan selaku ketua pelaksana mengatakan LK1 ini lebih fokus ke angkatan 2021dan 2022, karena untuk proses regenarasi. 

“Jadi untuk LK 1 kami dari pengurus memprioritaskan angkatan 2021 dan 2022 agar proses regenerasi tidak terhambat, harapan saya selaku ketua pelaksana LK1 proses kaderisasi bisa dilakukan secara masif, karena bagaimanapun jantung dari HMI itu adalah pengkaderan”, tururnya. Ia juga mengatakan suksesnya kegiatan LK1 HMI Komisariat Madani tentu tidak lepas dari support para alumni dan juga kepanitian yang selalu semangat dalam melaksanakan tugaSnya.  

LK 1 diperiode ini juga membawa warna baru dimana terdapat materi terkait keilmuan teknik sipil. Komisariat Madani sendiri merupakan komisariat yang hanya terdiri dari satu jurusan, yakni teknik sipil. materi  tersebut merupakan pengenalan kepada calon kader tentang sejarah teknik sipil dan  peran penting teknik sipil dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, materi tersebut dibawakan oleh Ahmad Fauzi selaku kabid PTKP Korkom Nasional ITN Malang . 

LK 1 ini menjadi kegiatan besar perdana bagi kepengurusan periode ini, karena rata-rata pengurus merupakan kader 2021 yang baru jadi pengurus, “Proses kaderisasi, melatih leadership para pengurus dalam hal menjalankan dan bertanggung jawab pada saat mengelola kegiatan basic training. Sama halnya dengan peserta training, latihan kader 1 bukan hanya menjadi syarat formalitas untuk seorang mahasiswa menjadi anggota Himpunan Mahasiswa Islam tetapi juga memberikannya tanggung jawab untuk berusaha menjadi insan kamil yang bermanfaat bagi sekitarnya. Regenerasi, tujuan lain yang ingin dicapai dalam proses basic training, karena bagaimanapun juga anggota-anggota barulah yang nantinya akan meneruskan estafet perjuangan komisariat Madani demi mewujudkan masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT” ucap Farabi selaku Ketua Umum Komisariat Madani.

Selain itu, etua Umum Komisariat Madani, Ahmad Maulana Farabi, berharap kepada semua kader baru untuk semangat dalam menjalanakan tanggung jawab sebagai insan akademis dan insan organisatoris dengan baik dan juga berharap semangat perjuangan para kader Komisariat Madani tidak pernah padam. “Jadikan komisariat sebagai tempat laboratorium intelektual, belajar dengan giat & berproses dengan tekun untuk menjadi kader yang sukses suatu hari nanti. Regenerasi tidak boleh berhenti, kaderisasi menjadi kunci dan Madani tidak boleh Mati. Semoga Allah SWT memberi kemudahan dalam setiap kegiatan Madani dan memberi kelancaran pada setiap usaha-usaha yang dilakukan oleh kader Madani. Yakinkan dengan iman Usahakan dengan ilmu Sampaikan dengan amal maka, Yakin Usaha Sampai", tutupnya.

Penulis: Iswahyudi

Editor: Reny Tiarantika


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gelar Basic Training LK 1, HMI Komisariat Mulla Shadra Tekankan Aspek Cinta Kader terhadap Organisasi

Dokumentasi: lapmimalang/ Rafindi Malang, LAPMI- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)  Cabang Malang Komisariat Mulla Shadra mengadakan kegiatan Basic Training Latihan Kader 1 (LK 1). Minggu, (21/03/2021). Kegiatan LK 1 kali ini dilaksanakan di Graha Yakusa Jln. Hasyim Asyari Kec. Pagelaran, dengan mengangkat tema "Terbinanya kepribadian muslim yang berkualitas akademis, serta sadar akan fungsi dan perannya dalam organisasi". Kegiatan Basic Training tersebut dilaksanakan selama tiga hari dari Jum'at - Minggu tanggal 19 - 21 Maret 2021 dengan peserta sebanyak 16 orang. Sekretaris pelaksana Mimin Sulastry mengatakan dasar mengangkat tema ini dengan alasan agar kader lebih menumbuhkan rasa cinta terhadap organisasi dan dapat berproses dengan baik serta kedepannya kader-kader yang telah mengikuti LK 1 ini lebih sadar akan fungsi dan perannya. "Harapan kedepannya kader tetap berproses karena mereka akan menghadapi beberapa macam tantangan karena ini baru permulaan nanti kedep

Kader HMI Dipukul Oknum Mahasiswa Teknik Sipil ITN, Bibir Pecah dan Gigi Geraham Patah

Ahmad Fauzi salah satu kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang, Koordinator Komisariat Nasional, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, LAPMI - Kejadian nahas menimpa Ahmad Fauzi salah satu kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang, Koordinator Komisariat Nasional, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang yang dipukul oleh oknum mahasiswa Teknik Sipil dalam acara Suksesi Mahasiswa Teknik Sipil ITN Malang, Rabu (25/10/2023). Kronologi pemukulan tersebut dipicu dari terjadinya adu argumentasi di dalam forum yang menyebabkan salah satu oknum pengurus yang dievaluasi tidak terima dan melayangkan pukulan kepada korban saat terjadinya chaos "Ketika kita di dalam forum itu terjadi adu argumentasi, nah lawan dalam adu argumentasi ini malah tidak memukul saya, orang di luar dari dialog perdebatan itu yang malah tiba-tiba memukul tanpa sebab, kemungkinan yang menyebabkan pelaku memukul saya karena dia merupakan salah satu pengurus yang saat itu kami evaluasi" un

HMI Cabang Malang Gelar Workshop Tata Kelola & Pengembangan Pariwisata Desa Hijau Berkelanjutan dan Penguatan Ekonomi Lokal Masyarakat Desa

  Penyerahan simbolis Dokumen Modul Pengembangan Pariwisata Desa Hijau Malang, LAPMI -  Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang, Bidang Pembangunan & Pemberdayaan Desa Sukses menyelenggarakan 𝐖𝐨𝐫𝐤𝐬𝐡𝐨𝐩 𝐓𝐚𝐭𝐚 𝐊𝐞𝐥𝐨𝐥𝐚 & 𝐏𝐞𝐧𝐠𝐞𝐦𝐛𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐏𝐚𝐫𝐢𝐰𝐢𝐬𝐚𝐭𝐚 𝐃𝐞𝐬𝐚 𝐇𝐢𝐣𝐚𝐮 𝐁𝐞𝐫𝐤𝐞𝐥𝐚𝐧𝐣𝐮𝐭𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐧𝐠𝐮𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐄𝐤𝐨𝐧𝐨𝐦𝐢 𝐋𝐨𝐤𝐚𝐥 𝐌𝐚𝐬𝐲𝐚𝐫𝐚𝐤𝐚𝐭 𝐃𝐞𝐬𝐚 . Kegiatan tersebut diselenggarakan di Desa Pesanggrahan Kota Batu, sejak Jum’at sampai Minggu, 03-05 November 2023 Bidang Pembangunan & Pemberdayaan Desa (PPDesa) HMI Cabang Malang juga menyerahkan secara simbolis Dokumen Modul Pengembangan Pariwisata Desa Hijau kepada DPRD Kota Batu. Penyerahan secara simbolik ini dilakukan oleh Ketua Bidang PPDesa HMI Cabang Malang kepada DPRD Kota Batu yang diwakili oleh Ketua Komisi A DPRD Kota Batu, Ibu Hj. Dewi Kartika, ST. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari tersebut melibatkan jaringan BUMDES dari perwakila